Lebih dekat dengan Engine 2 Tak
Salah satu
penyempurnaan dari motor pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) adalah
munculnya Engine 2 tak. Adalah Sir Dugald Clerk dari Glasgow (1881) yang menemukan
mesin ini.
Sir Dugald Clerk Penemu Engine 2 Tak |
Apa itu Engine 2 Tak?
Engine 2 Tak adalah
salah satu motor pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) yang dalam satu
siklus kerja membutuhkan 2 kali langkah torak dengan 1 kali putaran poros
engkol.
Komponen Engine 2 Tak |
Bagaimana Cara Kerjanya?
Cara kerja Engine 2
tak dapat kita lihat pada gambar di bawah ini:
Cara Kerja Engine 2 Tak |
Tak ke 1
Piston bergerak dari TMA ke TMB.
1. Saat
bergerak dari TMA ke TMB, piston akan menekan ruang bilas yang berada di
bawahnya. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB akan semakin
meningkat pula tekanan di ruang bilas.
2. Pada
titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan
lubang pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain
perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu.
3. Pada
saat ring piston melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar
melalui lubang pembuangan.
4. Pada
saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan di dalam ruang
bilas akan terpompa masuk ke dalam ruang bakar, sekaligus mendorong keluar gas
yang ada di dalam ruang bakar menuju lubang pembuangan.
5. Piston
terus menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang
bilas menuju ke dalam ruang bakar.
Tak ke 2
Piston bergerak dari TMB ke TMA.
1 Saat
bergerak dari TMB ke TMA, piston akan menghisap gas hasil percampuran udara,
bahan bakar dan pelumas ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan oleh
karburator atau sistem injeksi.
2 Saat
melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan, piston akan mengkompresi gas
yang terjebak di dalam ruang bakar.
3 Piston
akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA.
4 Beberapa
saat sebelum piston sampai di TMA, busi akan menyala untuk membakar gas dalam
ruang bakar. Waktu nyala busi tidak terjadi saat piston sampai ke TMA,
melainkan terjadi sebelumnya. Ini dimaksudkan agar puncak tekanan akibat
pembakaran dalam ruang bakar bisa terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA
ke TMB, karena proses pembakaran membutuhkan waktu untuk bisa membuat gas
terbakar dengan sempurna oleh nyala api busi.
Post a Comment for "Lebih dekat dengan Engine 2 Tak"