Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menelusuri Jejak Mesin Mobil


Berbicara mengenai teknologi mobil tak lengkap rasanya bila kita tidak menelusuri sejarah perkembangan kendaraan ini. Ada pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”. Kecintaan pada  teknologi mobil perlu ditanamkan kepada genarasi muda demi menjaga anak-anak bangsa dari kemungkinan “gaptek” pada teknologi mobil mutakhir yang sedang tren di berbagai belahan dunia. Kecintaan ini bukan bermaksud untuk menduakan Tuhan bagi kaum Agamawan, atau berpoligami bagi orang yang telah memiliki pasangan.  Namun kecintaan yang dibangun disini adalah adanya rasa ingin tahu yang tinggi pada teknologi ini sehingga dapat berfaedah bagi umat manusia pada umumnya, terkhusus untuk warga Indonesia.

Pembahasan mengenai sejarah mobil kita batasi pada awal munculnya mesin mobil dengan system pembakaran dalam. Mengingat mobil-mobil canggih sekarang ini adalah generasi-generasi mesin pembakaran dalam yang telah disempurnakan.
Motor Pembakaran dalam

Munculnya Mobil dengan Mesin Pembakaran dalam
Awal mula munculnya mobil dengan mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar diketahui berkembang di Jerman pada tahun 1886. Adalah  ilmuwan Jerman yang bekerja secara terpisah yaitu Karl Benz dan di Mannheim dan Gottlieb dan Wilhem Maybach di Stuttgart yang pertama kali mempopulerkan mesin ini.

Karl Benz

Fase selanjutnya diteruskan oleh George B. Selden (1895) dengan kemunculan mesin 2 Tak. Pada tahun 1888, Berta Benz melakukan terobosan yang spektakuler pada mesin pembakaran dalam.

Produksi besar-besaran  Mesin pembakaran dalam dengan harga yang agak terjangkau dilakukan oleh  oldsmobile pada tahun 1902. Sehingga mesin pembakaran dalam cukup mendominasi pasaran sekitar tahun 1910.

Hendry Ford

Pengembangan mesin pembakaran  dalam pada fase selanjutnya dilakukan oleh Henry Ford (1910). Periode tahun 1920 dan setelahnya adalah fase pengembangan mesin pembakaran dalam yang semakin popular dikalangan masyarakat dunia.

Post a Comment for "Menelusuri Jejak Mesin Mobil"