Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Sebelum Memasuki Dunia Kerja

KALANGAN millenial saat ini merupakan generasi yang mulai memasuki dunia pekerjaan dan menjadi incaran bagi perusahaan. Jika saat ini Anda masih berusia sekitar 20-an, dan masih berstatus mahasiswa atau tengah bersiap menghadapi kelulusan dan akan langsung menuju ke dunia pekerjaan, ada baiknya untuk menerapkan 5 tips dari Chandara Ming, CEO Karirpad, yang nantinya bisa membantu Anda memiliki karir yang menjanjikan dan cemerlang.
1. Perluas jaringan
Saat ini mungkin jaringan yang Anda miliki hanya terbatas teman kuliah, dosen dan orang-orang sekitar kampus. Jika Anda ingin memperluas peluang dan kesempatan untuk memiliki karir yang diinginkan ada baiknya untuk mulai memperluas jaringan yang ada. Tentunya banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperluas jaringan, mulai dari mengikuti kegiatan magang di perusahaan, ambil bagian dari kegiatan komunitas yang relevan dengan pendidikan dan minta Anda serta menghadiri kegiatan positif yang memungkinkan Anda bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki keterkaitan dengan latar belakang pendidikan Anda.
“Dengan demikian ketika waktunya tepat dan jika pihak-pihak terkait tersebut membutuhkan tenaga kerja baru yang sesuai dengan kualifikasi Anda, Anda pun bisa menjadi kandidat pertama yang akan mendapatkan tawaran dari lowongan kerja yang berkaitan dengan hal tersebut” tutur Chandra Ming.
2. Perluas wawasan
Jangan pernah berhenti untuk mendapatkan informasi dan menambah wawasan Anda di luar dari ilmu serta pengetahuan yang diberikan di bangku kuliah. Dengan demikian Anda bisa menjadi pribadi yang aktif dan selalu tahu akan semua perkembangan yang ada serta lingkungan sekitar. Hal ini juga akan membantu Anda ketika sedang melakukan persiapan mencari loker atau pekerjaan baru, dengan mengetahui semua hal-hal yang sedang terjadi dan baiknya diketahui.
Saat ini sudah banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan, mulai dari membaca buku, browsing di internet, koran dan masih banyak lagi. Jadilah generasi mudah yang cekatan dan haus akan informasi yang ada.
3. Jaga kesehatan
Usia muda merupakan usia dimana Anda saat ini sedang berada dalam posisi puncak terkait dengan stamina yang dimiliki. Untuk itu selalu jaga dan perhatikan kesehatan tubuh, dengan cara berolah raga, hindari merokok dan makan terlalu berlebihan. Investasikan kesehatan tubuh Anda, agar selalu bugar, sehat dan semangat menjalani aktifitas yang ada.
4. Manfaatkan uang dan waktu untuk pendidikan
Usia muda merupakan waktu yang tepat untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Untuk itu pastikan Anda mendapatkan informasi, pendidikan dan pengetahuan yang cukup sebagai bekal karir Anda di masa mendatang. Gunakan uang sebaik-baiknya untuk mengembangkan potensi diri dan memperkaya wawasan dan pendidikan, sebelum Anda bersiap masuk ke dunia pekerjaan. Dan pastinya juga Anda harus menyesuaikan setiap lowongan kerja yang akan Anda lamar nantinya tepat dan benar sesuai dengan apa yang Anda pelajari sebelumnya.
5. Belajar keterampilan baru
Pelajarilah ragam ilmu dan keterampilan yang Anda sukai dan berpotensi untuk dijadikan pilihan karir di masa mendatang. Saat ini sudah banyak pelatihan dan training yang bisa dijadikan pilihan oleh Anda jika saat ini masih menyandang status mahasiswa. Mulai dari belajar untuk mengenal lebih jauh HTML, coding, bahasa dan ketrampilan lainnya. Manfaatkan waktu luang Anda untuk berlatih dan menambah ilmu yang bisa berguna untuk karir profesional Anda.
Sumber: ditpsmk.kemdikbud

Post a Comment for "5 Tips Sebelum Memasuki Dunia Kerja"