Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Kita Perlu Bercita-cita?

Sejak kecil, pertanyaan "Apa cita-citamu?" kerap diajukan orang kepada kita. Tidak jarang, sederetan profesi disebutkan sebagai cita-cita tersebut.
Seiring berjalannya waktu, cita-cita yang pernah diimpikan kala belia seperti hilang begitu saja. Bahkan, banyak orang seperti hidup mengikuti arus tanpa memperjuangkan apa yang sebenarnya ingin diraih di masa depan.
Menurut Psikolog, Mona Sugianto memiliki cita-cita dalam hidup amatlah penting. Melalui cita-cita tersebut, kita memiliki gambaran mengenai kehidupan masa depan yang ingin dijalani.
"Cita-cita itu memberikan sebuah gambaran tentang perwujudan akan seperti apa masa depan kita. Karena itulah kita akan bergerak untuk mewujudkannya," ungkapnya dalam acara buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh PT. Trakindo di Energy Building, belum lama ini.
Selain itu. cita-cita juga mendorong kita melakukan sesuatu yang ingin dicapai. Dengan kata lain, ujar Mona, cita-cita menjadi motivasi untuk selalu berjalan ke depan.
"Kita memiliki cita-cita berarti kita memiliki gairah dan motivasi dalam hidup," ucapnya.
Memiliki cita-cita juga melatih daya juang dan fokus seseorang. Mona menyebut, jika mengharapkan dan begitu menginginkan sesuatu, maka kita tentu akan berusaha meraihnya.
"Memiliki cita-cita membuat kita fokus dan menumbuhkan daya juang untuk meraihnya. Di sisi lain, memiliki cita-cita melatih rasa putus asa dan kecewa," imbuhnya.
Mona menambahkan, manfaat memiliki cita-cita yakni adanya suatu karya. Mereka yang telah berhasil menjadi sesuatu yang diinginkannya akan memiliki karya yang tetap ada sepanjang hidup.

sumber: ditpsmk



Post a Comment for "Mengapa Kita Perlu Bercita-cita?"